Rabu, 24 Desember 2014

Desain Grafis

SOFTSKILL
Desain Grafis
            Desain grafis adalah seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan gambar. Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak, dan desain interaksi.
1.   History Of Graphic Design (Sejarah Desain Grafis)
Sementara Desain Grafis sebagai suatu disiplin memiliki sejarah yang relatif baru, pertama kali diciptakan oleh William Addison Dwiggins pada tahun 1922, kegiatan desain seperti grafis rentang sejarah manusia: dari gua-gua Lascaux, Kolom Trajan Roma dengan manuskrip Abad Pertengahan , dengan neons menyilaukan Ginza. Dalam kedua sejarah panjang dan dalam ledakan yang relatif baru komunikasi visual di abad ke-20 dan ke-21, kadang-kadang ada perbedaan kabur dan tumpang tindih seni periklanan, desain grafis dan seni rupa. Setelah semua, mereka berbagi banyak yang sama elemen, teori, prinsip, praktek dan bahasa, dan kadang-kadang dermawan atau klien yang sama. Dalam seni periklanan tujuan akhir adalah penjualan barang dan jasa. Dalam desain grafis, "esensi adalah untuk memberikan untuk informasi, bentuk ide-ide, ekspresi dan perasaan artefak yang mendokumentasikan pengalaman manusia.

1.1       The Advent Of Printing (Munculnya pencetakan)

Selama Dinasti Tang (618-907) antara 7 dan abad ke-9 Masehi, balok kayu dipotong untuk mencetak pada tekstil dan kemudian untuk mereproduksi teks-teks Buddhis. Sebuah kitab Buddha dicetak di 868 adalah dikenal buku paling awal dicetak. Dimulai pada abad ke-11, gulungan lama dan buku yang diproduksi menggunakan movable jenis cetak pembuatan buku banyak tersedia selama dinasti Song (960-1279). Beberapa waktu sekitar 1450, Johann Gutenberg cetak membuat buku banyak tersedia di Eropa. Desain buku Aldus Manutius mengembangkan struktur buku yang akan menjadi dasar dari desain publikasi barat. Ini era desain grafis disebut Humanis atau Old Style.

1.2        Emerfence of The Design Industy (Munculnya industri desain)

Pada akhir abad ke-19 Eropa, terutama di Inggris, publikasi resmi pertama dari desain dicetak dirilis yang menandai pemisahan desain grafis dari seni rupa.
Pada tahun 1849, Henry Cole menjadi salah satu kekuatan utama dalam pendidikan desain di Inggris, memberitahu pemerintah tentang pentingnya desain dalam Journal tentang Desain dan Manufaktur. Ia mengorganisir Pameran Besar sebagai perayaan teknologi industri modern dan desain Victoria.
Dari 1891-1896, William Morris 'Kelmscott Press menerbitkan buku yang beberapa yang paling signifikan dari produk desain grafis dari gerakan Seni dan Kerajinan, dan membuat bisnis yang sangat menguntungkan untuk membuat buku perbaikan gaya yang besar dan menjualnya kepada publik . Morris menciptakan pasar untuk karya desain grafis di kanan mereka sendiri untuk membuat profesi untuk jenis baru ini seni untuk calon individu yang ingin mencari nafkah melalui keterampilan ini. Pekerjaan Kelmscott Pers dicirikan oleh obsesi dengan gaya historis. Historisisme ini, bagaimanapun, penting karena sebesar reaksi signifikan pertama negara basi desain grafis abad kesembilan belas. Bekerja Morris, bersama dengan sisa gerakan Tekan Swasta, langsung dipengaruhi Art Nouveau dan secara tidak langsung bertanggung jawab atas perkembangan di awal abad kedua puluh desain grafis pada umumnya.

1.3       Twentieth Century Design (Desain abad kedua puluh)
Sebuah Boeing 747 pesawat dengan livery menunjuk sebagai Air Force One. Bentuk cyan bendera AS, segel presiden dan tulisan Caslon semua dirancang pada waktu yang berbeda dan dikombinasikan dengan desainer Raymond Loewy dalam satu desain akhir ini.
Nama "Desain Grafis" pertama kali muncul di media cetak di 1922 esai "New Kind of Printing Panggilan untuk Desain Baru" oleh William Addison Dwiggins, seorang desainer buku Amerika di awal abad ke-20.
Raffe di Desain Grafis, yang diterbitkan pada tahun 1927, dianggap sebagai buku pertama yang menggunakan "Desain Grafis" dalam judul.
Signage di London Underground adalah contoh desain klasik dari era modern dan menggunakan jenis huruf yang dirancang oleh Edward Johnston pada tahun 1916.
Pada tahun 1920, konstruktivisme Soviet diterapkan 'produksi intelektual' dalam berbagai bidang produksi. Gerakan ini melihat seni individualistis sebagai berguna di Rusia revolusioner dan dengan demikian bergerak menuju menciptakan benda untuk tujuan utilitarian. Mereka merancang bangunan, set teater, poster, kain, pakaian, furniture, logo, menu, dll
Jan Tschichold kodifikasi prinsip-prinsip tipografi modern di bukunya tahun 1928, New Tipografi. Dia kemudian menolak filosofi yang dianut dalam buku ini sebagai fasis, tapi tetap sangat berpengaruh. [Rujukan?] Tschichold, Bauhaus typographers seperti Herbert Bayer dan László Moholy-Nagy, dan El Lissitzky telah sangat dipengaruhi desain grafis seperti yang kita kenal hari ini. Mereka merintis teknik produksi [rujukan?] Dan perangkat gaya yang digunakan sepanjang abad kedua puluh. Tahun-tahun berikutnya melihat desain grafis di gain gaya penerimaan luas modern dan aplikasi. [9] Sebuah ekonomi Amerika pasca-Perang Dunia II booming didirikan kebutuhan yang lebih besar untuk desain grafis, terutama iklan dan kemasan. Emigrasi dari sekolah Bauhaus Jerman desain ke Chicago pada tahun 1937 membawa "diproduksi secara massal" minimalis ke Amerika; memicu api liar "modern" arsitektur dan desain. Nama-nama terkenal dalam desain yang modern abad pertengahan termasuk Adrian Frutiger, desainer dari tipografi Univers dan Frutiger; Paul Rand, yang, dari akhir 1930-an sampai kematiannya pada tahun 1996, mengambil prinsip-prinsip Bauhaus dan diterapkan mereka untuk iklan populer dan desain logo, membantu menciptakan pendekatan unik Amerika untuk minimalis Eropa, sementara menjadi salah satu pelopor utama dari bagian dari desain grafis yang dikenal sebagai identitas perusahaan; dan Josef Müller-Brockmann, yang merancang poster dengan cara yang belum dapat diakses parah khas era 1950-an dan 1970-an.
Pertumbuhan industri profesional desain grafis telah berkembang secara paralel dengan munculnya konsumerisme. Hal ini menimbulkan beberapa kekhawatiran dan kritik, terutama dari dalam komunitas desain grafis dengan manifesto First Things First. Pertama kali diluncurkan oleh Ken Garland pada tahun 1964, itu kembali diterbitkan sebagai First Things First manifesto 2.000 pada tahun 1999 di majalah imigran 51 [10] menyatakan "Kami mengusulkan pembalikan prioritas dalam mendukung lebih berguna, langgeng dan bentuk demokrasi komunikasi . - sebuah mindshift jauh dari pemasaran produk dan menuju eksplorasi dan produksi jenis baru makna Ruang lingkup perdebatan menyusut, melainkan harus memperluas Konsumerisme berjalan tidak terbantahkan, harus ditantang oleh perspektif lain dinyatakan, sebagian, melalui. . bahasa visual dan sumber daya desain "[11] Kedua edisi menarik tanda tangan dari para praktisi dan pemikir desain dihormati, misalnya; Rudy VanderLans, Erik Spiekermann, Ellen Lupton dan Rick Poynor. 2000 Manifesto juga terutama diterbitkan dalam Adbusters, dikenal karena kritik yang kuat dari budaya visual.

2. Type Of Design Graphic 
2.1        Drafter
Desainer khusus untuk membuat arsitektur dan rancang bangun yang simetris dan digunakan untuk keperluan pembuatan sesuatu yang memerlukan ketelitian tinggi dan rancangan. Membutuhkan orang orang yang ahli di software (Autocad, Archicad, 3d revit architecture). Sangat dibutuhkan di dunia arsitektur dan industri.

2.2  Editor
Desainer khusus untuk membuat kover, sampul, banner, dsb. Dan juga membuat karya karya desain grafis misalnya: brosur, kartu nama, pin, logo, poster, dsb. Yang memerlukan sentuhan pandangan dan software yang harus dikuasai adalah : Corel draw,Adobe Photoshop,Freehand,Illustrator. Sangat dibutuhkan di dunia periklanan dan publikasi.
2.3  Layouter
Desianer khusus untuk membuat tatanan layout sebuah majalah atau koran atau publikasi yang lainya dan diharuskan mempunyai feel untuk tata letak agar enak dilihat. Sedangkan aplikasi yang harus dikuasai adalah Adobe Page Maker, MS.Publisher, Adobe In Design. Sangat dibutuhkan dipercetakan dan industri koran/buku/majalah.
2.4  Art Director 
Desainer khusus unuk membuat karya karya seni dari komputer yang bisa digunakan untuk visual effects ataupun hanya untuk hiasan saja. Membutuhkan kreativitas tinggi untuk membuat karya agung yang akan dibuat. Sedangkan software yang harus dikuasai adalah : Corel draw, Photoshop, Photo paint, Art creator. Sangat dibutuhkan di dunia perfilman, seniman visualisator, foto editing effects.
2.5 Fotografer 
Desianer khusus yang selain melakukan pengeditan foto juga merangkap sebagai fotografer, harus memiliki talenta khas fotografer serta mampu mengedit foto sesuai event atau yang perfect. Membutuhkan intelegensi tinggi kreativitas tinggi dan harus menguasai adobe photoshop,ieworks,photo studio. Sangat dibutuhkan didunia fotografi, foto editor, wartawan, dsb.

2.6 Animator 
Desainer khusus bekerja pada bidang motion graphic, iklan atau film fantasi. Harus memiliki daya tahan tinggi, pengetahuan yang cukup tinggi, pengalaman dan harus menguasai Macromedia Flash, Adobe Flash, After Effects, 3d Maya, Gif Animator dan Corel Rave. Dibutuhkan di dunia advertising, perfilman, pertelevisian.

2.7 Visualisator
Desainer khusus untuk memberikan gambaran sebuah produk atau karya dalam bentuk real / 3d dan harus memiliki kemampuan otak kanan yang cukup tinggi serta harus menguasai 3d Max, Autocad, Swift 3d, Digital Clay. Sangat dibutuhkan di dunia visualisasi produk dan presentasi produk.

2.8 Video Editor
Desainer khusus untuk mengedit video atau film dan juga merangkap sebagai video shooter, harus memiliki imajinasi tinggi dan harus menguasai Adobe After Effects, 3d Maya, Adobe Premiere, Ulead Video Studio, Sony Vegas, Pinneacle. Sangat dibutuhkan di dunia perfilman dan industri musik.
2.9 Integrated Desainer
Desainer khusus yang membutuhkan integrasi dengan programmer misalnya pembuatan game, cd interaktif, web desain, dsb. Sedangakan anda harus menguasai hampir semua elemen desain. Sangat dibutuhkan di industri informatika.

3.   Modern Graphic Subfield (Sub Bidang Grafis Desain Modern)
Bidang Komunikasi Grafis dipilah menjadi 3 sub-bidang: 
·         Desain Grafis: merancang / menyusun bahan (huruf, gambar dan unsur grafis lain) menjadi informasi visual pada media (cetak) yang dimengerti publik. 
·         Ilustrasi: menampilkan informasi dengan ketrampilan gambar tangan dan penuangan daya imajinasi. 
·         Fotografi: menampilkan informasi dengan ketrampilan menangkap cahaya melalui kamera dankepiawaian memilih / mengolah hasil bidikan. 




4.   What Is / Explanation About
4.1       Animation
Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek yang dimaksud dalam definisi di atas bisa berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan. Pada proses pembuatannyam sang pembuat animasi atau yang lebih dikenal dengan animator harus menggunakan logika berfikir untuk menentukan alur gerak suatu objek dari keadaan awal hingga keadaan akhir objek tersebut. Perencanaan yang matang dalam perumusan alur gerak berdasarkan logika yang tepat akan menghasilkan animasi yang menarik untuk disaksikan.
4.2 Arsitektur
Arsitektur adalah seni yang dilakukan oleh setiap individual untuk berimajinasikan diri mereka dan ilmu dalammerancang bangunan. Dalam artian yang lebih luas, arsitektur mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan, mulai dari level makro yaitu perencanaan kotaperancangan perkotaanarsitektur lanskap, hingga ke level mikro yaitu desain bangunandesain perabot dan desain produk. Arsitektur juga merujuk kepada hasil-hasil proses perancangan tersebut.

4.3 Art direction
Art director secara teknis adalah koordinator lapangan yang melaksanakan eksekusi atas semua rancangan desain tata artistik/gambar kerja yang menjadi tanggungjawab pekerjaan production designer. Seluruh proses penyediaan material artistik sejak persiapan hingga berlangsungnya perekaman gambar dan suara saat produksi menjadi tanggunghawab seorang art director.
4.4 Komunikasi desain
Komunikasi visual (komunikasi melalui penglihatan) adalah sebuah rangkaian proses penyampaian infromasi atau pesan kepada pihak lain dengan penggunaan media penggambaran yang hanya terbaca oleh indera penglihatan. Komunikasi visual menkombinasikan seni, lambang, tipografi, gambar, desain grafis, ilustrasi, dan warna dalam penyampaiannya.






4.5 Desain industry
Desain industry  Adalah suatu  kreasi  tentang bentuk,  konfigurasi, atau komposisi garis atau warna, atau garis dan warna atau gabungan dari padanya yang berbentuk tiga dimensi atau dua dimensi yang memberikan kesan estetis dan dapat  diwujudkan dalam pola tiga dimensi atau dua dimensi serta dapat  dipakai untuk menghasilkan suatu produk, barang, komoditas industri atau kerajinan tangan.

4.6 Copy writer
Copywriter adalah profesi di lingkungan periklanan yang bersifat komersial yang tugasnya menulis naskah iklan, baik untuk iklan cetak (print ad), iklan televisi (TV Commercial), iklan radio (Radio Commercial) dan segala macam bentuk komunikasi merek. Seorang Copywriter berpasangan dengan Art Director (Penata Artistik), membuat sebuah konsep iklan. Atasan mereka adalah Creative Director dan mereka di dalam Creative Department di sebuah perusahaan iklan (Advertising Agency).
5.   The Influence Of Graphic Design In Our World
5.1       Culture Influence – Ethis In Graphic Desain / Ethis IN Graphic       Design
Desain grafis berfungsi sebagai filter melalui banyak komunikasi kami sebarluaskan. Desainer grafis menemukan jati diri mereka dalam posisi unik menjadi penunggu informasi serta menyediakan cermin yang mencerminkan budaya kontemporer. Pengaruh yang desainer grafis terhadap bagaimana komunikasi yang disampaikan mungkin tidak selalu jelas bagi mereka. Seringkali mereka terlibat dalam rincian proyek dan bahkan tidak menyadari dampak pekerjaan yang mereka telah miliki.
5.2 Movies 
Sebuah movies, juga disebut film, adalah serangkaian gambar diam yang, ketika ditampilkan di layar, menciptakan ilusi gambar bergerak karena fenomena phi. Ilusi optik ini menyebabkan penonton untuk merasakan gerakan kontinyu antara objek terpisah dilihat dengan cepat berturut-turut. Sebuah film dibuat dengan memotret adegan yang sebenarnya dengan kamera film; dengan memotret gambar atau model miniatur menggunakan teknik animasi tradisional; dengan cara CGI dan animasi komputer; atau kombinasi dari beberapa atau semua ini.
6.   Graphic Design in term of modelling human computer interaction (Desain Pemodelan Grafis dari segi interaksi manusia & computer)
6.1 Human Computer Interaction (HCI)                
Human Computer Interaction (HCI) adalah sekumpulan proses, dialog, dan kegiatan dimana melaluinya pengguna memanfaatkan dan berinteraksi dengan komputer. Saat kita menggunakan komputer, kita sedang berinteraksi dengan komputer. Di waktu ini kita sedang memberikan perintah kepada komputer, dan sistem komputer menerima perintah kemudian ditanggapinya hingga pekerjaan kita selesai. Definisi HCI, Suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain, evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena-fenomena disekitar manusia itu sendiri.
6.2 User Experience Desgn
Pengalaman pengguna (bahasa Inggris: user experience) adalah bagaimana cara seseorang merasakan ketika menggunakan sebuah produksistem, atau jasa. Pengalaman pengguna menyoroti aspek-aspek pengalaman, pengaruh, arti dan nilai dari interaksi manusia-komputer dan kepemilikan sebuah produk, juga termasuk persepsi seseorang mengenai aspek-aspek praktis seperti kegunaan, kemudahan penggunaan, dan efisiensi dari sebuah sistem. Pengalaman pengguna pada dasarnya subyektif, karena pengalaman pengguna berdasar atas perasaan dan pemikiran individu mengenai sebuah sistem. Pengalaman pengguna sifatnya dinamis, karena senantiasa berubah dari waktu ke waktu seiring berubahnya keadaan.


SUMBER :
http://septiandekky.blog.widyatama.ac.id/2014/06/13/pengertian-dan-jenis-jenis-animasi/
http://en.wikipedia.org/wiki/Graphic_design
http://rezaaryapratama.blogspot.com/2014/12/history-of-graphic-design.html

http://eveevania.blogspot.com/2014/12/influence-of-graphic-design-and-graphic.html

0 komentar:

Posting Komentar