SOFTSKILL
Desain
Grafis
Desain grafis adalah seni dalam
berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan gambar. Bidang ini merupakan
bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup
seni visual, tipografi, tata letak, dan desain interaksi.
1.
History
Of Graphic Design (Sejarah Desain Grafis)
Sementara Desain Grafis sebagai suatu
disiplin memiliki sejarah yang relatif baru, pertama kali diciptakan oleh
William Addison Dwiggins pada tahun 1922, kegiatan desain seperti grafis
rentang sejarah manusia: dari gua-gua Lascaux, Kolom Trajan Roma dengan
manuskrip Abad Pertengahan , dengan neons menyilaukan Ginza. Dalam kedua
sejarah panjang dan dalam ledakan yang relatif baru komunikasi visual di abad
ke-20 dan ke-21, kadang-kadang ada perbedaan kabur dan tumpang tindih seni
periklanan, desain grafis dan seni rupa. Setelah semua, mereka berbagi banyak
yang sama elemen, teori, prinsip, praktek dan bahasa, dan kadang-kadang
dermawan atau klien yang sama. Dalam seni periklanan tujuan akhir adalah
penjualan barang dan jasa. Dalam desain grafis, "esensi adalah untuk
memberikan untuk informasi, bentuk ide-ide, ekspresi dan perasaan artefak yang
mendokumentasikan pengalaman manusia.
1.1
The
Advent Of Printing (Munculnya pencetakan)
Selama Dinasti Tang (618-907) antara 7
dan abad ke-9 Masehi, balok kayu dipotong untuk mencetak pada tekstil dan
kemudian untuk mereproduksi teks-teks Buddhis. Sebuah kitab Buddha dicetak di
868 adalah dikenal buku paling awal dicetak. Dimulai pada abad ke-11, gulungan
lama dan buku yang diproduksi menggunakan movable jenis cetak pembuatan buku
banyak tersedia selama dinasti Song (960-1279). Beberapa waktu sekitar 1450,
Johann Gutenberg cetak membuat buku banyak tersedia di Eropa. Desain buku Aldus
Manutius mengembangkan struktur buku yang akan menjadi dasar dari desain
publikasi barat. Ini era desain grafis disebut Humanis atau Old Style.
1.2
Emerfence of The Design Industy (Munculnya
industri desain)
Pada akhir abad ke-19 Eropa, terutama
di Inggris, publikasi resmi pertama dari desain dicetak dirilis yang menandai
pemisahan desain grafis dari seni rupa.
Pada tahun 1849, Henry Cole menjadi
salah satu kekuatan utama dalam pendidikan desain di Inggris, memberitahu
pemerintah tentang pentingnya desain dalam Journal tentang Desain dan
Manufaktur. Ia mengorganisir Pameran Besar sebagai perayaan teknologi industri
modern dan desain Victoria.
Dari 1891-1896, William Morris
'Kelmscott Press menerbitkan buku yang beberapa yang paling signifikan dari
produk desain grafis dari gerakan Seni dan Kerajinan, dan membuat bisnis yang
sangat menguntungkan untuk membuat buku perbaikan gaya yang besar dan
menjualnya kepada publik . Morris menciptakan pasar untuk karya desain grafis
di kanan mereka sendiri untuk membuat profesi untuk jenis baru ini seni untuk
calon individu yang ingin mencari nafkah melalui keterampilan ini. Pekerjaan
Kelmscott Pers dicirikan oleh obsesi dengan gaya historis. Historisisme ini,
bagaimanapun, penting karena sebesar reaksi signifikan pertama negara basi
desain grafis abad kesembilan belas. Bekerja Morris, bersama dengan sisa
gerakan Tekan Swasta, langsung dipengaruhi Art Nouveau dan secara tidak
langsung bertanggung jawab atas perkembangan di awal abad kedua puluh desain
grafis pada umumnya.
1.3
Twentieth
Century Design (Desain abad kedua puluh)
Sebuah Boeing 747 pesawat dengan
livery menunjuk sebagai Air Force One. Bentuk cyan bendera AS, segel presiden
dan tulisan Caslon semua dirancang pada waktu yang berbeda dan dikombinasikan
dengan desainer Raymond Loewy dalam satu desain akhir ini.
Nama "Desain Grafis" pertama
kali muncul di media cetak di 1922 esai "New Kind of Printing Panggilan
untuk Desain Baru" oleh William Addison Dwiggins, seorang desainer buku
Amerika di awal abad ke-20.
Raffe di Desain Grafis, yang
diterbitkan pada tahun 1927, dianggap sebagai buku pertama yang menggunakan
"Desain Grafis" dalam judul.
Signage di London Underground adalah
contoh desain klasik dari era modern dan menggunakan jenis huruf yang dirancang
oleh Edward Johnston pada tahun 1916.
Pada tahun 1920, konstruktivisme
Soviet diterapkan 'produksi intelektual' dalam berbagai bidang produksi.
Gerakan ini melihat seni individualistis sebagai berguna di Rusia revolusioner
dan dengan demikian bergerak menuju menciptakan benda untuk tujuan utilitarian.
Mereka merancang bangunan, set teater, poster, kain, pakaian, furniture, logo,
menu, dll
Jan Tschichold kodifikasi prinsip-prinsip
tipografi modern di bukunya tahun 1928, New Tipografi. Dia kemudian menolak
filosofi yang dianut dalam buku ini sebagai fasis, tapi tetap sangat
berpengaruh. [Rujukan?] Tschichold, Bauhaus typographers seperti Herbert Bayer
dan László Moholy-Nagy, dan El Lissitzky telah sangat dipengaruhi desain grafis
seperti yang kita kenal hari ini. Mereka merintis teknik produksi [rujukan?]
Dan perangkat gaya yang digunakan sepanjang abad kedua puluh. Tahun-tahun
berikutnya melihat desain grafis di gain gaya penerimaan luas modern dan
aplikasi. [9] Sebuah ekonomi Amerika pasca-Perang Dunia II booming didirikan
kebutuhan yang lebih besar untuk desain grafis, terutama iklan dan kemasan.
Emigrasi dari sekolah Bauhaus Jerman desain ke Chicago pada tahun 1937 membawa "diproduksi
secara massal" minimalis ke Amerika; memicu api liar "modern"
arsitektur dan desain. Nama-nama terkenal dalam desain yang modern abad
pertengahan termasuk Adrian Frutiger, desainer dari tipografi Univers dan
Frutiger; Paul Rand, yang, dari akhir 1930-an sampai kematiannya pada tahun
1996, mengambil prinsip-prinsip Bauhaus dan diterapkan mereka untuk iklan
populer dan desain logo, membantu menciptakan pendekatan unik Amerika untuk
minimalis Eropa, sementara menjadi salah satu pelopor utama dari bagian dari
desain grafis yang dikenal sebagai identitas perusahaan; dan Josef
Müller-Brockmann, yang merancang poster dengan cara yang belum dapat diakses
parah khas era 1950-an dan 1970-an.
Pertumbuhan industri profesional
desain grafis telah berkembang secara paralel dengan munculnya konsumerisme.
Hal ini menimbulkan beberapa kekhawatiran dan kritik, terutama dari dalam
komunitas desain grafis dengan manifesto First Things First. Pertama kali
diluncurkan oleh Ken Garland pada tahun 1964, itu kembali diterbitkan sebagai
First Things First manifesto 2.000 pada tahun 1999 di majalah imigran 51 [10]
menyatakan "Kami mengusulkan pembalikan prioritas dalam mendukung lebih
berguna, langgeng dan bentuk demokrasi komunikasi . - sebuah mindshift jauh
dari pemasaran produk dan menuju eksplorasi dan produksi jenis baru makna Ruang
lingkup perdebatan menyusut, melainkan harus memperluas Konsumerisme berjalan
tidak terbantahkan, harus ditantang oleh perspektif lain dinyatakan, sebagian,
melalui. . bahasa visual dan sumber daya desain "[11] Kedua edisi menarik
tanda tangan dari para praktisi dan pemikir desain dihormati, misalnya; Rudy
VanderLans, Erik Spiekermann, Ellen Lupton dan Rick Poynor. 2000 Manifesto juga
terutama diterbitkan dalam Adbusters, dikenal karena kritik yang kuat dari
budaya visual.
2. Type Of Design Graphic
2.1
Drafter
Desainer khusus untuk membuat
arsitektur dan rancang bangun yang simetris dan digunakan untuk keperluan
pembuatan sesuatu yang memerlukan ketelitian tinggi dan rancangan. Membutuhkan
orang orang yang ahli di software (Autocad, Archicad, 3d revit architecture).
Sangat dibutuhkan di dunia arsitektur dan industri.
2.2 Editor
Desainer khusus untuk membuat kover,
sampul, banner, dsb. Dan juga membuat karya karya desain grafis misalnya:
brosur, kartu nama, pin, logo, poster, dsb. Yang memerlukan sentuhan pandangan
dan software yang harus dikuasai adalah : Corel draw,Adobe
Photoshop,Freehand,Illustrator. Sangat dibutuhkan di dunia periklanan dan
publikasi.
2.3
Layouter
Desianer khusus untuk membuat tatanan
layout sebuah majalah atau koran atau publikasi yang lainya dan diharuskan
mempunyai feel untuk tata letak agar enak dilihat. Sedangkan aplikasi yang
harus dikuasai adalah Adobe Page Maker, MS.Publisher, Adobe In Design. Sangat
dibutuhkan dipercetakan dan industri koran/buku/majalah.
2.4
Art Director
Desainer khusus unuk membuat karya
karya seni dari komputer yang bisa digunakan untuk visual effects ataupun hanya
untuk hiasan saja. Membutuhkan kreativitas tinggi untuk membuat karya agung
yang akan dibuat. Sedangkan software yang harus dikuasai adalah : Corel draw,
Photoshop, Photo paint, Art creator. Sangat dibutuhkan di dunia perfilman,
seniman visualisator, foto editing effects.
2.5
Fotografer
Desianer khusus yang selain melakukan
pengeditan foto juga merangkap sebagai fotografer, harus memiliki talenta khas
fotografer serta mampu mengedit foto sesuai event atau yang perfect.
Membutuhkan intelegensi tinggi kreativitas tinggi dan harus menguasai adobe
photoshop,ieworks,photo studio. Sangat dibutuhkan didunia fotografi, foto
editor, wartawan, dsb.
2.6 Animator
Desainer khusus bekerja pada bidang
motion graphic, iklan atau film fantasi. Harus memiliki daya tahan tinggi,
pengetahuan yang cukup tinggi, pengalaman dan harus menguasai Macromedia Flash,
Adobe Flash, After Effects, 3d Maya, Gif Animator dan Corel Rave. Dibutuhkan di
dunia advertising, perfilman, pertelevisian.
2.7 Visualisator
Desainer khusus untuk memberikan
gambaran sebuah produk atau karya dalam bentuk real / 3d dan harus memiliki
kemampuan otak kanan yang cukup tinggi serta harus menguasai 3d Max, Autocad,
Swift 3d, Digital Clay. Sangat dibutuhkan di dunia visualisasi produk dan
presentasi produk.
2.8 Video Editor
Desainer khusus untuk mengedit video
atau film dan juga merangkap sebagai video shooter, harus memiliki imajinasi
tinggi dan harus menguasai Adobe After Effects, 3d Maya, Adobe Premiere, Ulead
Video Studio, Sony Vegas, Pinneacle. Sangat dibutuhkan di dunia perfilman dan
industri musik.
2.9
Integrated Desainer
Desainer khusus yang membutuhkan
integrasi dengan programmer misalnya pembuatan game, cd interaktif, web desain,
dsb. Sedangakan anda harus menguasai hampir semua elemen desain. Sangat
dibutuhkan di industri informatika.
3.
Modern
Graphic Subfield (Sub Bidang Grafis Desain Modern)
Bidang
Komunikasi Grafis dipilah menjadi 3 sub-bidang:
·
Desain
Grafis: merancang / menyusun bahan (huruf, gambar dan unsur grafis lain)
menjadi informasi visual pada media (cetak) yang dimengerti publik.
·
Ilustrasi: menampilkan
informasi dengan ketrampilan gambar tangan dan penuangan daya imajinasi.
·
Fotografi: menampilkan
informasi dengan ketrampilan menangkap cahaya melalui kamera dankepiawaian
memilih / mengolah hasil bidikan.
4.
What
Is / Explanation About
4.1
Animation
Animasi adalah gambar begerak
berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan
mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan
hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek yang dimaksud dalam definisi di
atas bisa berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan. Pada proses
pembuatannyam sang pembuat animasi atau yang lebih dikenal dengan animator
harus menggunakan logika berfikir untuk menentukan alur gerak suatu objek dari
keadaan awal hingga keadaan akhir objek tersebut. Perencanaan yang matang dalam
perumusan alur gerak berdasarkan logika yang tepat akan menghasilkan animasi
yang menarik untuk disaksikan.
4.2
Arsitektur
Arsitektur adalah seni yang dilakukan
oleh setiap individual untuk berimajinasikan diri mereka dan ilmu dalammerancang bangunan.
Dalam artian yang lebih luas, arsitektur mencakup merancang dan membangun
keseluruhan lingkungan binaan, mulai dari level makro yaitu perencanaan
kota, perancangan perkotaan, arsitektur lanskap, hingga ke level mikro yaitu
desain bangunan, desain perabot dan desain produk.
Arsitektur juga merujuk kepada hasil-hasil proses perancangan tersebut.
4.3
Art direction
Art director secara teknis adalah
koordinator lapangan yang melaksanakan eksekusi atas semua rancangan desain
tata artistik/gambar kerja yang menjadi tanggungjawab pekerjaan production
designer. Seluruh proses penyediaan material artistik sejak persiapan hingga
berlangsungnya perekaman gambar dan suara saat produksi menjadi tanggunghawab
seorang art director.
4.4
Komunikasi desain
Komunikasi visual (komunikasi melalui penglihatan)
adalah sebuah rangkaian proses penyampaian infromasi atau pesan kepada pihak
lain dengan penggunaan media penggambaran yang hanya terbaca oleh indera
penglihatan. Komunikasi visual menkombinasikan seni, lambang,
tipografi,
gambar,
desain grafis, ilustrasi,
dan warna
dalam penyampaiannya.
4.5
Desain industry
Desain industry Adalah
suatu kreasi tentang bentuk, konfigurasi, atau
komposisi garis atau warna, atau garis dan warna atau gabungan dari padanya
yang berbentuk tiga dimensi atau dua dimensi yang memberikan kesan estetis dan
dapat diwujudkan dalam pola tiga dimensi atau dua dimensi serta dapat
dipakai untuk menghasilkan suatu produk, barang, komoditas industri atau
kerajinan tangan.
4.6
Copy writer
Copywriter adalah profesi di
lingkungan periklanan yang bersifat komersial yang tugasnya menulis naskah
iklan, baik untuk iklan cetak (print ad), iklan televisi (TV Commercial), iklan
radio (Radio Commercial) dan segala macam bentuk komunikasi merek. Seorang
Copywriter berpasangan dengan Art Director (Penata Artistik), membuat sebuah
konsep iklan. Atasan mereka adalah Creative Director dan mereka di dalam Creative
Department di sebuah perusahaan iklan (Advertising Agency).
5.
The
Influence Of Graphic Design In Our World
5.1
Culture
Influence – Ethis In Graphic Desain / Ethis IN Graphic Design
Desain grafis berfungsi sebagai filter
melalui banyak komunikasi kami sebarluaskan. Desainer grafis menemukan jati
diri mereka dalam posisi unik menjadi penunggu informasi serta menyediakan
cermin yang mencerminkan budaya kontemporer. Pengaruh yang desainer grafis
terhadap bagaimana komunikasi yang disampaikan mungkin tidak selalu jelas bagi
mereka. Seringkali mereka terlibat dalam rincian proyek dan bahkan tidak
menyadari dampak pekerjaan yang mereka telah miliki.
5.2
Movies
Sebuah movies, juga disebut film,
adalah serangkaian gambar diam yang, ketika ditampilkan di layar, menciptakan
ilusi gambar bergerak karena fenomena phi. Ilusi optik ini menyebabkan penonton
untuk merasakan gerakan kontinyu antara objek terpisah dilihat dengan cepat
berturut-turut. Sebuah film dibuat dengan memotret adegan yang sebenarnya
dengan kamera film; dengan memotret gambar atau model miniatur menggunakan
teknik animasi tradisional; dengan cara CGI dan animasi komputer; atau
kombinasi dari beberapa atau semua ini.
6.
Graphic
Design in term of modelling human computer interaction (Desain Pemodelan Grafis
dari segi interaksi manusia & computer)
6.1
Human Computer Interaction (HCI)
Human Computer Interaction (HCI) adalah
sekumpulan proses, dialog, dan kegiatan dimana melaluinya pengguna memanfaatkan
dan berinteraksi dengan komputer. Saat kita menggunakan komputer, kita sedang
berinteraksi dengan komputer. Di waktu ini kita sedang memberikan perintah
kepada komputer, dan sistem komputer menerima perintah kemudian ditanggapinya
hingga pekerjaan kita selesai. Definisi HCI, Suatu disiplin ilmu
yang menekankan pada aspek desain, evaluasi, dan implementasi dari sistem
komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan
fenomena-fenomena disekitar manusia itu sendiri.
6.2
User Experience Desgn
Pengalaman pengguna (bahasa
Inggris: user experience) adalah bagaimana cara seseorang
merasakan ketika menggunakan sebuah produk, sistem, atau jasa. Pengalaman pengguna
menyoroti aspek-aspek pengalaman, pengaruh, arti dan nilai dari interaksi manusia-komputer dan
kepemilikan sebuah produk, juga termasuk persepsi seseorang mengenai
aspek-aspek praktis seperti kegunaan, kemudahan penggunaan, dan efisiensi dari
sebuah sistem. Pengalaman pengguna pada dasarnya subyektif, karena pengalaman
pengguna berdasar atas perasaan dan pemikiran individu mengenai sebuah sistem.
Pengalaman pengguna sifatnya dinamis, karena senantiasa berubah dari waktu ke
waktu seiring berubahnya keadaan.
SUMBER
:
http://septiandekky.blog.widyatama.ac.id/2014/06/13/pengertian-dan-jenis-jenis-animasi/
http://en.wikipedia.org/wiki/Graphic_design
http://rezaaryapratama.blogspot.com/2014/12/history-of-graphic-design.html
http://eveevania.blogspot.com/2014/12/influence-of-graphic-design-and-graphic.html
0 komentar:
Posting Komentar