Selasa, 05 Januari 2016

Analisa Website www.dikutandi.com Dengan Prinsip-Prinsip User Interface

PENDAHULUAN

Terdapat tujuh prinsip dasar UI (user interface) yang harus dipenuhi dalam pembuatan suatu sistem / aplikasi, guna meningkatkan kenyamanan user dalam menggunakan sistem / aplikasi yang dibuat oleh seorang / sekelompok developer / programmer, yang dijelaskan sebagai berikut : 

a. Ease of Learning User interface yang dibuat haruslah mudah dipelajari untuk user awam atau baru saja memakai aplikasi. Hal ini akan membuat user termotivasi untuk menggunakannya.
b. User familiarity / Mudah dikenali Menggunakan istilah, konsep dan kebiasaan user bukan computer (misal: sistem perkantoran gunakan istilah letters, documents, folders bukan directories, file, identifiers. -- jenis document OpenOffice.
c. Consistency / “Selalu begitu” Konsisten dalam operasi dan istilah di seluruh sistem sehingga tidak membingungkan. -- layout menu di OpenOffice mirip dengan layout menu di Microsoft Office.
d. Minimum surprise / Tidak membuat user kaget Operasi bisa diduga prosesnya berdasarkan perintah yang disediakan.
e. Recoverability / Pemulihan Recoverability ada dua macam: Confirmation of destructive action (konfirmasi terhadap aksi yang merusak) dan ketersediaan fasilitas pembatalan (undo).
f. User guidance / Bantuan Sistem manual online, menu help, caption pada icon yang disediakan secara khusus.
g. User diversity / Keberagaman Fasilitas interaksi untuk tipe user yang berbeda harus disediakan. Misalnya ukuran huruf bisa diperbesar untuk user yang memiliki masalah dengan penglihatan, dsb.

PEMBAHASAN
Dari pengenalan tengtang prinsip dasar User Interface maka penulis akan mencoba menganalisis website www.dikutandi.com sesuai dengan prinsip user interfaces

A.      Ease of Learning User interface
Dalam website www.dikutandi.com menurut saya sudah memenuhi standart dari ease of learning di karnakan pada homepage website tersebut terdapat bar navigassi yang sangat memudahkan user untuk memilih lebih detail tentang tutorial php yang di inginkan.
B.      User familiarity
Menurut saya untuk tampilan website dari www.dikutandi.com sudah sangat familiar, kenapa? Karna sekarang-sekarang ini sudah banyak web, system operasi atau aplikasi yagn menggunakan flat desain


C.      Minimal Surprise
Pada website www.dikutandi.com sangat memenuhi sarat dari minimal surprise karna ketika user  mengklik setiap perintah yang ada dalam website maka akan menuju ke perintah tersebut.
Tidak seperti web-web sekarang  sudah banyak di masuki iklan, jadi ketika user mengklik perintah yang ada di dalam web maka akan di pentalin ke website lain.

D.      User Guide
User guide adalah bantuan yang tersedia di dalam website atau aplikasi, yang berguna untuk memudahkan user menggunakan atau melakukan tindakan lain seperti menghubungi sang pembuat website, dan syarat tersebut terdapat pada website www.dikutandi.com 

.

1 komentar: